Banyak yang bilang Raja Ampat adalah destinasi impian. Tentu saja, di sini kamu serasa ada di surga. Bisa ngapain saja sih di Raja Ampat?


Agen Poker 
Tahu nggak apa yang pertama kali saya pikirkan ketika saya bisa punya kesempatan berlibur ke Raja Ampat gratis? Iya gratis, keren kan? Membayangkannya saja sudah membuat hati bahagia apalagi kalau mimpi itu jadi kenyataan. Wow, semangat banget ya.

Kalau mengenai Raja Ampat sesungguhnya saya sih juga belum banyak tahu. Sebagian besar dari seluruh negeri Indonesia ini pernah saya datangi karena saya adalah anak seorang pelaut. Jadi setiap bulan saya selalu diajak keliling kemanapun.

Saya berkunjung ke Papua di tahun 1994. Waktu itu saya masih kecil jadi belum tahu apa-apa soal berpetualangan. Tetapi ketika saya beranjak dewasa, saya jadi penasaran betul dengan Raja Ampat.

Ketika saya mencari berbagai informasi tentang Raja Ampat, saya jadi semakin ingin menjejakkan kaki di pulau indah ini. Serius, dari semua pulau yang pernah saya kunjungi di Indonesia, Raja Ampat ini adalah salah satu pulau favorit yang akan saya datangi lagi.

Coba bayangkan kalau kita dikasih kesempatan berada di Raja Ampat selama beberapa hari. Yang jelas, bakalan punya banyak waktu buat mengeksplorasi keindahan alam Raja Ampat yang sudah diakui dunia. Apalagi ternyata Raja Ampat punya banyak seni budaya dan kuliner yang enak. Sudah penasaran belum?

Raja Ampat adalah kepulauan yang termasuk dalam teritorial Papua Barat. Terdapat sekitar 1500 spesies ikan, 537 jenis koral dan 699 mahkluk hidup tak bertulang belakang yang bisa kita temui di perairan Raja Ampat. Bukan cuma karena keindahan wisatanya saja, penduduk yang ada di Raja Ampat juga ramah dan bersahabat.

Ayo ke Raja Ampat!

Mayoritas orang yang sering saya temui ketika saya mengucapkan kalimat ini akan berkata : "Ah buat apa ke sana?"

"Raja Ampat? jauh banget!" atau tidak sedikit yang berkata : "Mahal pergi kesana, mending sekalian keluar negri saja". Kesalahpahaman yang terjadi ini dikarenakan kurangnya informasi tentang Raja Ampat.

Mereka berpikir untuk berangkat kesana perlu biaya yang cukup banyak dibandingkan dengan tempat lainnya. Raja Ampat memang menyenangkan, hanya saja masih banyak yang belum tahu.

Nah, daripada bingung bagaimana dan ada apa saja di Raja Ampat. Saya akan mencoba berbagi langkah-langkah untuk bisa sampai dan berpetualangan seru ke Raja Ampat.

Kalau ada quote berkata : "Perjalanan seribu mil pun harus dimulai dengan satu langkah pertama" - Lao Tzu

Hal yang pertama kali bisa kita lakukan sebelum kita mau berangkat traveling adalah mencari tiket untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Kebanyakan orang yang bekerja di kantor seperti saya ini tidak mempunyai banyak waktu untuk bepergian mencari tiket di travel agen.

Tapi tantangan seperti itu tentu saja tidak akan mengecilkan keinginan kita untuk tidak jadi traveling, kan?. Karena sekarang ini jaman sudah sangat modern,saya tidak perlu repot lagi. Selama ini saya traveling cuma berbekal Tiket.com. Kenapa?

Online Travel Agent ini punya berbagai fitur menarik banget yang bisa mewujudkan impian kita untuk beli tiket kemanapun kita mau pergi. Tenang, #SemuaAdaTiketnya deh! Salah satu keunggulan dari Tiket.com, website sekaligus aplikasi ini mempunyai fitur TIX point untuk membernya.

Setiap pesan tiket, hotel maupun entertainment, saya akan mendapat sejumlah poin yang akan terus bertambah kalau saya bertransaksi. Tix point yang sudah terkumpul dapat ditukarkan pada potongan harga atau barang.

Nggak cuma itu saja, ada juga fitur keren di Tiket.com yang namanya Smart Round Trip. Dengan fitur ini, kita jadi lebih gampang buat pesan tiket penerbangan pergi - pulang dan tentunya lebih hemat karena kita bisa dapat harga spesial plus ekstra diskon dari berbagai maskapai domestik dan international. Jadi, apa masih ada yang berpikir kalau ke Raja Ampat itu mahal?

Tinggal klik, beres deh. Menjejakkan kaki ke Raja AmpatKalau prinsip saya, mau naik apapun yang penting sampai tujuan akan saya ikuti.

Rute tercepat untuk bisa sampai ke Raja Ampat tentunya dengan menggunakan pesawat terbang. Namun bila kita ingin menikmati perjalanan lebih lagi, kita bisa menggunakan kapal. Apabila kita ingin menggunakan pesawat, kita dapat memulai perjalanan dari Jakarta menuju ke Sorong.

Perjalanan yang dibutuhkan sekitar 6 jam. Sebelum sampai di Sorong biasanya transit terlebih dahulu di Makassar atau Manado. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Ibukota Raja Ampat, Wasai dimana Wasai ini berada di Pulai Waigeo. Maskapai apa saja yang menuju ke Sorong? Maskapai yang tersedia : Garuda Indonesia, Sriwijaya, Batik Air, Nam Air, Silk Air.

Lalu kegiatan apa saja yang bisa kita lakukan di Raja Ampat? Ini yang akan saya lakukan sesampai saya tiba di Raja Ampat : 12  Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Raja Ampat :

1. Mencoba Scuba Diving dan Snorkelling

Tentu saja Scuba diving adalah salah satu aktivitas wajib yang saya lakukan pada waktu saya berkunjung ke Raja Ampat. Kehidupan bawah laut di kepulauan Raja Ampat memang nggak main - main. Menurut sebuah laporan yang dikembangkan oleh The Nature Conservancy and Conservation International, sekitar 75% spesies dunia tinggal disini!

Jumlah dan keragaman hayati laut Raja Ampat dan sistem terumbu karangnya yang luar biasa membuat Raja Ampat dijadikan tempat syuting lokasi film Edis Paradise 3. Tentu saja apabila kita hendak menyelam diperlukan lisence / sertifikat khusus.

Tidak perlu khawatir kalau kita tidak bisa melakukan scuba diving. Kita masih bisa menyelam di permukaan air atau yang biasa disebut Snorkelling. Tanpa harus masuk ke dalam laut sekalipun, kita bisa melihat kekayaan laut kawasan ini lengkap dengan terumbu karang dan ikan - ikan kecil berwarna - warni.

Baca Juga - Tingkah Aneh Kodok dan Prediksi Jelang Gempa di L'Aquila Italia

Ada banyak tempat menyelam dan snorkelling untuk dipilih di perairan yang luas ini. Diantaranya adalah di Kabui Passage, disekitar dermaga Pulau Arborek, Sawandarek, Yenbuba, Tembok Friwen, dan banyak lagi. Perkisaran biaya yang dibutuhkan untuk menyelam adalah Rp 550.000.

2. Berenang di Kali Biru (Wemalao)

Pasti pada penasaran kan dimana lokasi Kalibiru yang ada di Raja Ampat? Kali biru ini terdapat di Teluk Mayalibit. Sungai kecil ini airnya sangat jernih dan berwarna biru. Siapapun yang melihat pasti akan terpesona dan pasti sudah ingin berenang. Sebelum menuju ke Kali Biru, kita juga bisa meminum air dari sumber mata air di sekitar hulu sungai. Rasanya segar dan manis!

3. Berburu Sunrise di kepulauan Pianemo dan Sunset di Saonek Monde

Siapa dari kita yang termasuk gemar mengejar matahari terbit dan matahari terbenam? Saya termasuk salah satunya. Untuk mendapatkan sunrise atau matahari terbit, kita harus bangun lebih awal sekitar pukul 05.30 am. Tapi saya jamin kalau pemandangannya seperti ini, kita pasti akan bersemangat sekali untuk bangun. Setuju kan?

Tempat terbaik untuk melihat sunrise adalah di kepulauan Pianemo. Suasana Pianemo sangat tenang dan sepi, jauh dari suara bising kendaraan. Air laut yang tenang dan sangat bening, batuan koral yang cantik ditambah dengan setiap sisi pulau terdapat pantulan warna langit dan bayangan pulau yang menghadirkan campuran gradasi warna biru dan hijau. Sempurna!

Agen Bola Berburu matahari terbenam juga termasuk kegiatan yang menurut saya tidak boleh terlewatkan. Ada beberapa hotel dan penginapan yang menyediakan fasilitas untuk melihat pemandangan matahari terbit atau menyaksikan matahari terbenam di Raja Ampat. Contohnya seperti : Raja Ampat Dive Lodge, Waiwo Dive Resort, dan masih banyak lagi lainnya. Menurut saya, tempat tercantik untuk melihat sunset adalah di Saonek Monde, Wasai.

Perjalanan ke pulau Saonek Monde dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat dengan perkisaran biaya pulang pergi Rp 500.000 - Rp 1.000.000. Ada beberapa hal yang selalu saya perlu diingat ketika saya akan berburu matahari terbenam atau sunset.

Pertama, saya akan pastikan kapan waktu sunset berlangsung. Biasanya saya akan bertanya kepada warga lokal yang ada disana. Kedua, saya akan menyiapkan peralatan tempur saya yaitu kamera dan tripod.

Kalau kedua barang ini ketinggalan, wah sangat disayangkan ya kalau tidak bisa mengabadikan momen indah tersebut. Tidak hanya di hotel atau resort saja, kita juga dapat berburu sunset di speedboat. Kegiatan yang cukup menarik, bukan?

4. Melihat Langsung Satwa Liar khas dari Raja Ampat

Satwa liar Raja Ampat yang luar biasa tidak hanya di bawah air. Di tengah banyaknya hutan lebat di kepulauan Raja Ampat, kita masih bisa menemukan spesies Kuskus Endemik, Kuskus Waigeou, dan lain - lain. Saya benar - benar tertarik melihat tingkah lucu hewan mamalia satu ini dalam menikmati makanannya. Sungguh menggemaskan!

5. Menikmati Tarian Cendrawasih di Desa Sapokren

Kalian sudah pada pernah lihat film animasi Rio ? Sebuah film yang menampilkan tarian - tarian dari burung - burung yang ada di hutan. Hampir serupa dengan film tersebut. Burung Cendrawasih atau yang mempunyai julukan Bird of Paradise ini sangat spesial. Burung khas Papua ini mempunyai warna bulu yang indah dan elegan.

Baca Juga - Pabrik Lego KW Dipaksa Tutup, dari Block Set sampai Kardus Dijiplak

Burung ini bisa kita temukan di Desa Sapokren maupun Desa Sawingrai. Pada masa musim kawin tiba, cendrawasih jantan akan melakukan gerakan serupa tarian yang dinamis dan indah untuk merebut perhatian betina. Buat yang mau menenangkan pikiran, cukup datang kesini dan dengarkan kicauan burung cendrawasih. Wah kalau saya sih pasti mau.

6. Mempelajari kebudayaan Warga Papua

Hal yang paling ingin saya lakukan setiap kali saya traveling kemanapun adalah berbaur dengan penduduk lokal yang ada disana. Iya, saya ingin mengamati kehidupan sehari - hari dan tradisi unik mereka. Salah satunya adalah melihat langsung cara penduduk tersebut menangkap gurita dengan tangan kosong. Wow keren banget ya. Selain itu, penduduk Raja Ampat sangat ramah. Mereka biasanya melakukan tarian selamat datang tradisional di dermaga dan menyajikan berbagai lagu rakyat Papua. Pengalaman menakjubkan tersebut bisa kita dapatkan di desa wisata Arborek.

7. Makan Papeda dan Ikan Kuah Kuning

Kalau pergi ke Jepang tetapi tidak makan sushi kata orang kurang afdol namanya. Begitu juga dengan kalau kita ke Raja Ampat Papua kurang berkesan tanpa mencicipi Papeda dan ikan kuah kuning. Bahan dasar papeda adalah tepung sagu. Bagi masyarakat Raja Ampat, makanan ini adalah sebagai makanan pengganti nasi. Saat memakannya, jangan lupa menuangkan ikan kuah kuning atau ikan asam kuah. Semangkuk Papeda ditambah dengan ikan kuah kuning dibandrol dengan harga Rp 25.000 - Rp 30.000. Tertarik mencoba?

8. Mendaki alam di Raja Ampat? Siapa Takut!

Punya nyali yang lebih besar? Yuk jelajahi barisan gugusan karang yang ada di Wasai, Kabui dan Pianemo. Saya termasuk pecinta kegiatan yang menguji adrenalin. Kegiatan berfoto di atas bukit tersebut akan terasa menyenangkan sebab saya dapat berfoto dengan latar belakang gugusan pulau - pulau kecil yang ada di Raja Ampat. Kegiatan mendaki atau Trekking ini membutuhkan persiapan bukan sekedar perlengkapan perlengkapan saja tetapi juga mental. Usahakan pada waktu trekking kondisi tubuh sedang sehat dan pilihlah sepatu yang nyaman pada saat trekking. Buat yang takut sama trekking ini , bisa menikmati keindahan alam di tempat yang sudah dibuat khusus di Raja Ampat.

9. Memberi makan ikan 

"Saya nggak bisa renang nih, apalagi nyelam.Terus mau ngapain dong di Raja Ampat?"
Kalau dari kalian punya kendala seperti teman - temanku. Jangan khawatir, kita masih bisa melakukan hal ini. Memberi makan ikan - ikan yang ada di Raja Ampat. Kita bisa langsung bersentuhan langsung dengan ikan yang berada dalam perairan. Jadi sensasinya berbeda dengan memberi makan di akuarium.

10. Bersantai di Telaga Bintang

Agen Casino Kalau sudah ke Raja Ampat, jangan sampai kelewatan ke Telaga Bintang atau Laguna Bintang. Bentuk Telaga Bintang yang alami ditambah dengan air yang jernih dan hijau sangat menyegarkan pikiran. Membaca buku, mengambil gambar foto, atau bahkan cuma sekedar berdiam diri disini , saya rasa sudah sangat cukup karena pemandangan di Telaga Bintang sangat mengagumkan.

11. Belajar sesuatu yang baru : Mewarnai Batik Affutra

Karena saya adalah termasuk orang seni, saya sangat ingin sekali mencoba seni mewarnai batik Affutra. Motif batik ini sungguh unik yaitu mengangkat kekayaan alam yang ada di Raja Ampat.

12. Bawa pulang souvenir unik khas dari Raja Ampat

Bingung cari oleh - oleh di Raja Ampat? Langsung datang saja ke toko art shop di Wasai dan Arborek. Ada bermacam - macam jenis oleh - oleh yang bisa kita bawa pulang dan semuanya unik. Contohnya : topeng, ukiran kayu, rahang hiu, Virgin Coconut Oil yang bisa menurunkan kadar kolesterol, patung suku Asmat, tas noken, topi , batik khas Raja Ampat, dan lain - lain.

Wow ternyata nggak ada habisnya ya keindahan yang ada di Raja Ampat. Indonesia nggak kalah menarik dari luar negeri, bukan? Masih bingung mau melakukan kemana saja dan mau apa saja di Raja Ampat?

Liga858 agen bola sbobet, casino, poker dan togel terpercaya. Kami adalah agen terbaik yang memberikan pelayanan terbaik. Liga858 terpercaya, aman dan fair play


Situs Bandar Bola Casino Togel Poker Online Terpercaya
Promo Di LIGA858.COM :
 Promo Cashback Sportbook Up To 10%
 Promo Bonus Rollingan Casino 0.8%
 Promo Bonus Rollingan Poker 0.5%
 Promo Bonus Refferal 3%
 Promo Bonus Refferal Togel 3% +RP.5.000
Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi Kami Melalui :
 LIVE CHAT TERSEDIA (www.liga858.com) LAYANAN 24 JAM NONSTOP
 YAHOO MESSENGER : LIGA858
BBM : 2B59E048
 SKYPE : cs.liga858
 PHONE : 0964907456
WHATSAPP : 081382720347

0 komentar:

Posting Komentar